Senin, 10 Juni 2019

Halal Bi Halal IAIN Parepare, Rektor Ajak Pahami Moderasi Beragama


Humas IAIN Parepare - Instititut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan Halal bi halal di Aula IAIN Parepare, Senin 10 Juni 2019. Dihadiri oleh ratusan orang yang terdiri dari mahasiswa, pegawai, dosen dan pejabat lingkup IAIN Parepare.





Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan dalam sambutannya mengajak sivitas akademik IAIN Parepare untuk memahami moderasi beragama.
“IAIN Parepare selain pengembangan riset penelitian juga turut mengembangkan moderasi beragama” ucapnya.
Ahmad juga berharap agar IAIN Parepare dapat memberi contoh kepada masyarakat wilayah Ajatappareng terkait moderasi agama.





Berawal dari Kementerian Agama Republik Indonesia yang gencar melakukan edukasi kepada masyarakat tentang moderasi agama. Hal ini dilakukan dalam rangka meredam tindakan radikalisme dan ektrimisme.
Dilansir dari kemenag.go.id, moderasi agama adalah bagaimana agama disikapi, dipahami kepada esensi dan substansi agama itu sendiri.
Pemahaman akan substansi dan esensi agama yang baik, menurut Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin akan berdampak pada bagaimana masyarakat melihat keragaman.
Masih adanya perbedaan sikap dalam memahami keragaman, menurut Menag ini berkaitan dengan wawasan yang dimiliki. Termasuk, munculnya radikalisme dan ekstremisme muncul karena adanya keterbatasan wawasan.





Sementara pembawa hikmah halal bihalal , Islamul Haq yang merupakan dosen IAIN Parepare mengingatkan agar tetap senantiasa memperbaiki ibadah yang berkesinambung dengan akhlak.
“Tidak ada nilainya suatu ibadah jika tidak membawa pengaruh terhadap akhlak kita,” ucapnya.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar