Rabu, 26 Juni 2019

Proteksi Mahasiswa Baru Sejak Dini, PBAK Cegah Masuknya Paham Radikalisme


Humas IAIN Parepare - Rapat perdana Panitia Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare. (26/06/2019)





Rapat ini dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Parepare  Dr. Ahmad Sultra, M.Si dan didampingi oleh Dr. Muhammad saleh, M.Ag, selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama serta Dr. Iskandar, M.Sos.I., selaku Ketua Panitia PBAK.





Rapat yang dilaksanakan di Balai Seni dan Budaya IAIN Parepare berjalan lancar. Berbagai masukan yang sifatnya konstruktif demi kebaikan dan kelancaran PBAK disampaikan oleh panitia.





Ahmad Sultra, ketika memberikan arahan mengatakan bahwa kegiatan PBAK ini akan dilaksanakan pada tanggal 27-30 Agustus 2019 mendatang sesuai dengan kalender akademik yang sudah ditetapkan. “Pelaksanaan PBAK  tahun ini juga merupakan yang pertama setelah berubah bentuk menjadi  IAIN”.





Disamping
itu Ahmad Sultra juga mengatakan tentang bahaya paham radikal yang mulai masuk
ke perguruan tinggi,  dimana paham
radikal ini masuk melalui pintu pintu Agama. Sehingga pelaksanaan PBAK saat ini
dianggap menjadi urgen disetiap Perguruan tinggi, “karena salah satu pintu
masuk paham radikal di perguruan tinggi itu adalah melalui penerimaan mahasiswa
baru”. tambahnya





Oleh karena itu pada pelaksanaan PBAK diharapkan menjadi awal pembinaan bagi mahasiswa, “pembinaan ini bertujuan untuk memproteksi mahasiswa agar tidak terpapar paham-paham radikal yang mengarah kepada trans nasional”.  Ungkap Ahmad





Selain
mengenai paham radikal, dirinya juga menambahkan pada pelaksanaan PBAK juga
yang sangat urgen diperhatikan adalah tradisi Anti kekerasan, “ tradisi anti
kekerasan yang dilakukan pada tahun sebelumnya mari kita  lanjutkan dan tingkatnya”. Imbuhnya





Kemudian Iskandar, sebagai Panitia melanjutkan rapat ini dengan sosialisasi mengenai pembagian tugas pokok dari masing-masing panitia. “mari satukan langkah kita, antara satu panitia dengan panitia lain dapat bekerjasama dalam menjalankan tugasnya masing-masing”. Terangnya.





Pada hari kedua pelaksanaan PBAK nanti,  panitia juga akan menghadirkan Direktur PTKIN sebagai pemateri, Prof. Dr. M. Arskal Salim GP, M.Ag. dengan materi Moderasi Keberagamaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar